Cara Menulis Bahasa Arab di S60v5 - Arabic Dictionary for Swype

November262012
keyboard-s60v5-ss1.jpg

Kali ini ZonaPonsel akan menghadirkan toturial bagaimana cara membuat teks atau kalimat berbahasa arab di hp S60v5 kamu.
Baiklah silakan di simak dengan baik:

1. Instalasi Aplikasi Swype Qwerty Keyboard

Install Swype v1 atau v2. Install Swype di drive C, setelah selesai instalasi silakan matikan ponsel lalu hidupkan kembali. Masuk ke Menu dan memilih menu SMS, buat pesan agar dalam modus menulis seperti gambar di bawah,

keyboard-s60v5-ss2.jpg

tap pada menu yang di garis merahi pada gambar di atas dan pilih Keyboard QWERTY Mini. Langkah pertama selesai silakan keluar dari menu SMS untuk melanjutkan langkah ke-2. Aplikasi Swype dapat kalian download disini.


2. Font Support Uni-Code

Yang saya tahu font standar dari ponsel S60v5 tidak support Uni-Code, bahasa Arab tidak akan terlihat jika font tidak mendukung unicode. Dengan ini kita wajib mengganti font yang didukung unicode. Lihat disini cara mengganti font.


3. Menambahkan Bahasa Arab

Langkah terakhir, menambah Arabic Language ke aplikasi Swype. Download "arabic-dictionary-swype.zip", link download ada dibawah. Instal file tersebut, setelah instalasi selesai matikan lalu hidupkan ponsel kamu. Pergi ke menu dan pilih SMS, tulis SMS untuk modus menulis seperti gambar dibawah,

keyboard-s60v5-ss3.jpg

tekan+tahan tombol "q" untuk memilih bahasa,

keyboard-s60v5-ss4.jpg

tinggal kalian pilih bahasa Arab, sekarang kalian sudah dapat membuat kalimat-kalimat bahasa Arab. Untuk beralih ke kalimat latin tinggal tekan+tahan tombol "q" lagi, mudahkan!.


*instal di drive C

File terlampir
>> arabic-dictionary.sisx (Swype v1)
>> arabic-dictionary.sisx (Swype v2)
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

33 responses to "Cara Menulis Bahasa Arab di S60v5 - Arabic Dictionary for Swype"

syahdan on 04:58 PM, 26-Nov-12

mantap gan

Andrianas Setiadi on 05:18 PM, 26-Nov-12

nyimak

Kevin on 05:31 PM, 26-Nov-12

gan tolong nie please ksih tau donk nma" game yg bisa dimainin di gpsp
Ane cpe download gx bisa huhu sad
Tolong ye nma ny aj

heartz on 06:11 PM, 26-Nov-12

mengagumkan gan..keren

ZonaPonsel MyWapBlog on 07:35 PM, 26-Nov-12

@Kevin
ingat sob memainkannya jgn dlm format zip melainkan di ekstrak file gba-nya.
Beberapa game yg pernah saya uji di GPSP.
SSX Tricky = Tidak
Adventures of Jimmy Neutron Boy Genius vs. Jimmy Negatron = Ya
Contra Advance - the Alien Wars = Ya
Crash Bandicoot - Fusion = Ya
Crash Bandicoot 2 - N-Tranced = Ya
Crash Nitro Kart = Ya
MotoGP = Tidak
Dora the Explorer - Dora's World Adventure = Ya
Need for Speed Underground = Ya+Blue
Need For Speed Porsche Unleashed = Ya+Blue
Avatar The Legend of Aang = Ya
Dragon Ball Z - Buu's Fury = Ya
Dragonball - Advanced Adventure = Ya
Dragonball GT - Transformation = Ya
Duke Nukem Advance = Tidak
Pokemon = Tidak
Finding Nemo = Ya
Harry Potter and the Chamber of Secrets = Tidak
Harvest Moon = Ya
Jackie Chan Adventures - Legend of the Dark Hand = Ya
Mortal Kombat - Deadly Alliance = Ya
Naruto - Ninja Council 1&2 = Tidak
Sonic Advance 2 = Ya
TMNT = Tidak

ZonaPonsel MyWapBlog on 07:44 PM, 26-Nov-12

Kamu bisa gunakan vBagX+VKey(dgn keyboard 4 arah) utk memainkan game yg tidak bisa dimainkan di GPSP.

andriansyah on 01:06 AM, 27-Nov-12

mantap sob jngn lupa kunbalnyasmile

http://andr1ansyah.mywapblog.com/game-multi-screen-3d.xhtml

Java games on 03:40 AM, 27-Nov-12

Mantap masbro artikelnya cool, ditunggu kunbalnya di
obozz.mywapblog.com/saya-lagi-bagi-bagi-pulsa-senilai-rp-201.xhtml

arifin on 08:25 AM, 27-Nov-12

teks arabicnya ko kga bisa gan?
Pas waktu mau ngubah teksnya ke arab ada tulisan
OPEN OF ARABIC FAILED,
Gmn gan solusinya?

ZonaPonsel MyWapBlog on 12:21 PM, 27-Nov-12

Swype km versi brp?
sesuaikan versinya...

Kevin on 05:05 PM, 27-Nov-12

hha thx yak admin ny...
Ini web gane terbaik kata ane hha

Kevin on 05:10 PM, 27-Nov-12

gan smua The sims dh agan coba lum???

ZonaPonsel MyWapBlog on 08:30 PM, 27-Nov-12

belum coba, silakan di coba.

aray on 02:18 PM, 20-Jan-13

thanks min....

Izin copy

aray on 02:19 PM, 20-Jan-13

ini sangat bermanfaat

Salsabilla on 08:27 AM, 03-Feb-13

ko tulisan arabnya ga muncul

ZonaPonsel MyWapBlog on 02:21 PM, 03-Feb-13

Berarti langkah" yg dilakukan belum benar, coba ulangi. (Font harus diganti yg support Unicode).

Salsabilla on 07:32 AM, 04-Feb-13

Dah q ulangi,font arab'y ada tpi tulisan'y kosong,gmna ya..apa mungkin hp'y tdk mndkung tulisan arab x ya...

ZonaPonsel MyWapBlog on 01:38 PM, 04-Feb-13

Pada langkah 2 klik "cara mengganti font", kamu harus mengganti font TTF dgn aplikasi Font RouterMan.

Salsabilla on 09:14 PM, 04-Feb-13

alhmdlillah dah bisa
trimakasih ya,oke banget...^_^

awi on 01:45 AM, 16-Mar-13

kenapa swype arabic tidak bisa di instal ktnya sertfikat salah

Ajib on 09:18 AM, 17-Mar-13

Font unicode nya mana

ZonaPonsel MyWapBlog on 10:24 AM, 17-Mar-13

Ane belum post di blog ini sob, silakan cari ke Google dgn keyword "font ttf s60v5".

awi on 10:05 PM, 17-Mar-13

cara agar hpnya hack gimana boz? Karna tyap untuk instal swype arabic dictionary gagal terus katanya sertifikat kadaluarsa

Syadily on 08:33 AM, 14-Apr-13

Open of arabic failed. Di 5233, tlong solusi'a gan

ZonaPonsel MyWapBlog on 10:11 AM, 14-Apr-13

@Syadily
utk 5233 pke Swype v1 + Arabic Dictionary v1

hapu dulu Swype v2 yg km instal, reboot hp, instal Swype v1, lalu instal Arabic dictionary v1.

Rio Owner on 02:55 PM, 23-Apr-13

gan, ada yg bhsa rusia.a tdk saya nyari² tk kunjung ketemu

ZonaPonsel MyWapBlog on 03:51 PM, 23-Apr-13

Tekan+Tahan tombol "Q" , klik More Languages.

Rio Owner on 12:28 PM, 25-Apr-13

ok gan

deedhat on 10:28 PM, 28-Jun-13

pa mmg harus mereboot hp ya? Ntar aplikasi lain khapus dong

ZonaPonsel MyWapBlog on 03:12 AM, 29-Jun-13

Reboot itu maksudnya mematikan hp lalu hidupin lagi. Tidak akan ada masalah.

deedhat on 05:50 AM, 29-Jun-13

tx

Wail on 06:17 AM, 14-Nov-13

terimakasih banyak postingannya ...

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images


 
Back to Top